Buat Anak Kos, Yuk Jadi Teman Siaga Saat Sahabat Flu

Buat Anak Kos, Yuk Jadi Teman Siaga Saat Sahabat Flu

Duh sahabat kok mulai menunjukkan gejala-gejala flu, seperti demam, bersin-bersin dan hidung tersumbat. Sebagai teman baik, Bro Sis tentunya ingin turun tangan membantunya agar dapat tetap merasa nyaman dan pulih dengan secepatnya. Buat yang berada satu rumah kost dengannya, ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

 

1. Menyarankan untuk Beristirahat

Cara terbaik untuk mencegah penyebaran flu adalah dengan menjauhkan diri dari lingkungan yang sehat dan masih belum terkontaminasi. Jika teman baik mengalami demam atau sakit tenggorokan, sarankan untuk tinggal di rumah minimal 24 jam setelah demam atau setelah gejala-gejala flu pergi, seperti yang dilansir oleh BlueCross Bluechield of North Carolina.

Nggak ada salahnya Bro Sis memberikan saran obat apa yang efektif mengatasi gejala-gejala flu dengan tepat dan efektif. Berikan Decolgen dengan 3 Aksi Jitu, mampu menurunkan demam dan nyeri, meredakan bersin-bersin dan mengatasi hidung tersumbat.

 

2. Buat Kamar Lebih Nyaman

Untuk membuat si sahabat yang sedang flu merasa lebih nyaman, jaga aliran udara segar dengan membuka pintu atau menggunakan kipas angin. Ini juga merupakan cara jitu untuk membantu mencegah penyebaran penyakit flu di dalam rumah.

Setiap hari, bantulah membersihkan kamar dengan menyeka permukaan perabotan serta mengganti seprai dan handuk secara teratur. Jangan lupa untuk menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan seperti tisu, tempat sampah, air minum dan obat-obatan yang mudah dijangkau.

 

3. Pastikan Mengonsumsi Banyak Cairan

Walau tenggorokan terasa sakit dan membuat teman malas makan atau minum, pastikan ia mengonsumsi lebih banyak cairan. Tidak harus air putih kok, jus buah, minuman isotonik atau sup kaldu juga dapat disediakan. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, menurut situs webmd.com, cara ini mengubah lendir yang tebal menjadi lebih mudah dikeluarkan sehingga terhindar dari komplikasi yang parah.

 

4. Tawarkan Beberapa Tips

Dorong sahabat yang sedang sakit untuk batuk atau bersin ke tisu sekali pakai atau tutup mulut dan hidung dengan siku (bukan telapak tangan). Jangan lupa untuk menyediakan hand sanitizer, saat ia merasa kesulitan mencuci tangan dengan sabun dan air. Walau terkesan berlebihan, cara ini mendorong penyembuhan penyakit flu dengan membatasi perkembangbiakan virus.

 

5. Menjaga Kesehatan Diri Sendiri

Untuk bisa merawat teman yang sedang sakit, Bro Sis juga wajib menjaga kesehatan diri sendiri. Kurangi kontak yang tidak perlu dengan penderita flu atau gunakan masker yang menuutpi hidung dan mulut saat berhadapan dengannya.

Jangan lupa untuk membiasakan mencuci tangan dengan sabun dan air, seperti yang disarankan situs webmd.com, dengan melakukannya minimal 20 detik untuk menghilangkan bakteri dan virus flu penyebab penyakit. Selain itu, cukup istirahat dan mengonsumsi makanan atau minuman yang menunjang sistem kekebalan tubuh dapat melindungi kesehatanmu dari serangan flu.

 

Persahabatan itu kuat karena Bro Sis saling ada satu sama lain dalam suka dan duka. Yuk, jadi teman siaga dengan tips-tips ini untuk merawat teman baik yang sedang menderita flu.


Artikel Lainnya

Jika ingin lebih tahu informasi tentang batuk dan flu, kamu bisa membacanya di sini