Selain Olahraga, 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Bebas Flu

Selain Olahraga, 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Bebas Flu

Penyakit flu memang dapat menyerang semua orang, tidak peduli usia dan pekerjaannya. Penyebaran virus flu yang sangat mudah, melalui udara atau kontak dengan apapun yang disentuh penderita flu, membuatmu jadi ekstra waspada terutama saat berada di tempat umum.

Selain olahraga, ada beberapa cara agar terbebas dari flu. Yuk, baca lebih lanjut untuk hal-hal simpel yang bisa Bro Sis lakukan sekarang juga.

1. Menjaga Kebersihan Tangan

Menjaga kebersihan tangan is a must! Bro Sis tidak pernah tahu sentuhan terhadap apa pun, seperti pegangan tangga, knop pintu bahkan remote control dapat mengandung virus penyakit flu. Oleh karena itu, Alan Pocinki, MD dari George Washington University Hospital menyarankan untuk sesering mungkin mencuci tangan dengan air hangat dan sabun. Selain itu, nggak ada salahnya Bro Sis membawa hand sanitizer yang praktis dipakai kapan dan di mana pun.

2. Konsumsi Teh

Minuman favorit setelah kopi ini memang terkenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Nggak cuma kaya antioksidan, tapi juga dapat melindungi Bro Sis dari serangan flu. Menurut Murray Grossan, MD, ahli THT di Cedars-Sinai Hospital, Los Angeles, meminum teh hitam atau hijau dalam kondisi panas dan menghirup uapnya dapat merangsang silia atau rambut hidung untuk mengeluarkan kuman dengan lebih efisien. Tambahkan juga sari lemon untuk menghilangkan lendir dan madu sebagai antibakteri.

Namun, bila flu terlanjur menyerang, hanya ada satu cara untuk mengatasinya. Ambil Decolgen dengan 3 Aksi Jitu-nya yang meredakan hidung tersumbat, mengurangi bersin-bersin, hidung gatal serta mengatasi demam dan nyeri.

3. Banyak Makan Protein

Pola makan yang sehat nggak hanya bagus untuk mengontrol berat badan, tapi juga mencegah tubuh terserang penyakit. Coba deh saran Douglas Kalman, PhD, RD, salah satu pimpinan di Miami Research Associates untuk mengonsumsi makanan berprotein yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bro Sis bisa menambahkan ikan, telur atau yogurt ke makanan sehari-hari. Yummy and healthy!

4. Banyak Minum

Konsumsi cukup air dapat membantu detoksifikasi tubuh sekaligus menjaga kelembapan tubuh yang diperlukan untuk menjaga sistem kekebalannya. Kalau mulai bosan dengan rasa tawarnya, Bro Sis bisa memasukkan potongan buah yang dikenal tinggi vitamin C, seperti jeruk, strawberry dan kiwi. Buat si sibuk, coba deh jus tinggi vitamin, mineral dan antioksidan yang terbuat dari kale, brokoli, apel, timun, wortel, lemon dan mint.

5. Cukup Istirahat

Saking tergila-gilanya sama drama Korea, Bro Sis bela-belain tidur larut malam untuk menonton akting si idola. Padahal kurang tidur dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mudah terjangkit penyakit flu. David Katz, MD, penulis Disease-Proof: The Remarkable Truth About What Makes Us Well menyarankan untuk tidur selama 7-8 jam setiap hari atau manfaatkan waktu luang untuk power nap selama setengah hingga satu jam.

Jangan menunda melakukan cara-cara simple ini agar terbebas dari penyakit selama musim flu.


Artikel Lainnya

Jika ingin lebih tahu informasi tentang batuk dan flu, kamu bisa membacanya di sini