Tips Jadi Leader Favorit di Kantor

Tips Jadi Leader Favorit di Kantor

Tidak sedikit Bro Sis yang menolak bahkan tidak ingin maju menjadi leader. Bisa jadi karena merasa kurang mampu memimpin sebuah tim atau tak punya skill manajerial. Padahal kemampuan ini dapat menjadi kelebihanmu dan menonjolkan kepribadian yang dimiliki dalam dunia kerja yang penuh persaingan.

Untuk menjadi pemimpin yang efektif dan disenangi memang tidak mudah. Tapi coba dulu beberapa tips ini untuk menjadi leader favorit di kantor.

 

1. Memperlakukan Orang Lain

Kualifikasi pertama yang wajib dimiliki Bro Sis dalam menjadi pemimpin adalah kemampuannya memperlakukan orang lain. Cara paling ampuh merendahkan dan memadamkan semangat kerja rekan kerja adalah sikapmu yang terus mengkritik dan menyalahkan. Jika memang anggota tim membuat kesalahan, berikan kesempatan untuk memperbaikinya dan menjadikannya sebagai pelajaran berharga bagi satu tim.

Begitu juga jika meraih keberhasilan, jangan ragu untuk memuji dan memberikan penghargaan. Perilaku positif ini akan membuatmu lebih sukses memimpin sebuah tim karena orang-orang akan memberikan usaha terbaik yang didorong oleh perilaku positif dan bukan karena ancaman atau ditakuti.

 

2. Jadi Pendengar yang Baik

Orang ingin didengar, benar-benar didengar dan tidak ada yang suka merasa diabaikan, apalagi tidak dihargai. Penting bagi Bro Sis untuk menunjukkan rasa ketertarikan pada apa yang dikatakan rekan kerja. Jika perlu ulangi sedikit kata-kata mereka untuk memperlihatkan bahwa kamu menyimak perkataannya. Cara ini dapat memenangkan hati dan mendorong rekan kerja untuk ikut berperan serta dalam kerjasama sebuah tim.

Nah untuk melakukannya, kamu wajib punya konsentrasi dan stamina yang cukup. Apa daya, serangan flu membuatmu sulit menfokuskan pikiran karena terganggu oleh pusing, bersin-bersin dan hidung tersumbat. Nggak perlu basa-basi, segera ambil Decolgen dengan 3 Aksi Jitu, yaitu menurunkan demam dan nyeri, meredakan bersin-bersin dan mengatasi hidung tersumbat.

 

3. Berani Mengakui Kesalahan

Pemimpin harus memberikan contoh yang baik bagi bawahannya. Bro Sis tidak harus jadi dewa yang sempurna dan tidak membuat kesalahan. Salah satu cirri kepribadian terbesar yang dapat kamu miliki adalah kerendahan hati.

Jika memang berbuat salah, akui kegagalan dan mau belajar dari pengalaman. Kejujuran dan sikap rendah hati di depan rekan kerja lainnya, akan mendatangkan rasa hormat dari orang-orang yang bekerja denganmu.

 

4. Berkomunikasi Secara Efektif

Time is money. Komunikasi yang efektif dan tidak bertele-tele sangat penting, apalagi saat mendapat proyek yang penting. Ini waktunya untuk unjuk kemampuan manajemen, dengan membagi tugas pada anggota tim sesuai dengan kemampuannya dan mempercayakannya pada usaha keras rekan kerja. Jangan ragu untuk ikut turun tangan membantu demi kelancaran pekerjaan.

 

5. Memahami Batas-Batas

Pemimpin yang paling baik dan perhatian pun memiliki batas. Menjadi leader favorit tidak harus berubah lembek dan mengikuti apa saja yang diinginkan rekan kerja. Ketahui batas-batas seperti apa yang dapat Bro Sis toleransi untuk menjaga wibawa, mengurangi rasa frustasi dan kebingungan di antara para anggota tim.

 

Yuk, beranikan diri untuk menjadi pemimpin favorit yang ada di kantor dan raih apapun yang jadi impianmu dalam menapaki jenjang karir.


Artikel Lainnya

Jika ingin lebih tahu informasi tentang batuk dan flu, kamu bisa membacanya di sini