Yuk Move On, Bebaskan Diri Dari Hal Buruk!

Yuk Move On, Bebaskan Diri Dari Hal Buruk!

Kita semua melakukan kesalahan di masa lalu dan beberapa masih memikirkannya dari waktu ke waktu. It’s okay, Bro Sis adalah manusia yang memiliki emosi. Tapi ketika kamu tidak bisa melepaskan hal buruk yang pernah dialami, baik itu ditinggal orang tercinta, mengalami kecelakaan atau kehilangan pekerjaan, ini akan mengganggu kehidupanmu saat ini.

Mengomel dan menyalahkan siapa saja yang ada di sekitarmu tidak akan menghilangkan rasa sakit. Justru akan menenggalamkanmu dalam duka berkepanjangan dan sulit move on ke sesuatu yang lebih positif. Yuk, lawan dengan beberapa tips berikut ini.

 

1. Belajar dari Masa Lalu

Yes. Pengalaman-pengalaman kurang mengenakkan di masa lalu dapat digunakan sebagai pembelajaran yang penting, tidak peduli betapa menyakitkannya. Luangkan waktu untuk merenungkan apa yang sebenarnya terjadi dan pelajaran apa yang bisa diambil. Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, ini saatnya untuk move on. Jangan sampai memikirkannya terlalu lama karena Bro Sis akan terus berpikiran negatif.

 

2. Ekspresikan Dirimu

Jangan ragu untuk mengeluarkan sakit yang dirasakan, mulai dari berbicara pada orang yang sudah menyakiti atau orang yang sudah Bro Sis rugikan. Mengekspresikan perasaan dapat membantumu untuk memilah-milah apa yang diperlukan untuk melanjutkan hidup.

Lebih penting lagi, cara ini baik untuk kesehatanmu. Dr Edmund Bourne, penulis The Anxiety and Phobia Workbook mengingatkan Bro Sis yang sulit move on dapat menderita depresi, sakit kepala dan tekanan darah tinggi. Tidak hanya itu, sistem kekebalan tubuh juga terganggu sehingga rentan terserang penyakit, terutama flu. Tapi, jika flu benar-benar menyerang, segera minum Decolgen yang mengandalkan 3 Aksi Jitu, yaitu menurunkan demam dan nyeri, meredakan bersin-bersin dan mengatasi hidung tersumbat.

 

3. Berhenti Menyalahkan

Bermain sebagai korban itu mudah, apalagi jika dibandingkan dengan menerima kenyataan. Masalahnya, menyalahkan orang lain dapat mencegahmu untuk move on. Ruchika Batra, seorang life coach, juga menyatakan bahwa orang yang selalu mengeluh akan otomatis masuk ke zona negatif sehingga makin sulit beranjak dari hal-hal buruk di masa lalu.

 

4. Fokus untuk Saat Ini

It’s time to let go. Bro Sis mungkin tidak bisa membatalkan apa yang sudah terjadi di masa lalu, tapi kamu bisa membuat perubahan baik di hari yang baru. Fokuskan pada apa yang akan kamu lakukan saat ini juga sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk memikirkan apa yang sudah terjadi.

 

5. Memaafkan

Kita mungkin tidak harus melupakan perilaku jelek orang lain, tapi semua berhak mendapatkan kata maaf. Memaafkan orang yang sudah menyakiti Bro Sis bukan menandakan kelemahanmu, tapi justru mencerminkan keberanian dan semangat untuk meninggalkan masa lalu dan bersiap untuk menyambut sukacita dalam hidup.

Jangan lupa juga untuk memaafkan diri sendiri yang menjadi bagian terpenting sebelum melanjutkan untuk melangkah kembali. Tidak ada alasan untuk tetap menghukum diri sendiri dan hidup menderita karena apa yang sudah terjadi.

 

Move on itu sulit, apalagi jika harus melepas rasa sakit di masa lalu yang sudah lama mencengkerammu. Tapi jika kamu tidak melakukannya, bagaimana bisa happy menjalani hari ke depannya? Yuk, segera bangkit dan jalani hidupmu yang luar biasa indahnya sekarang juga! Move On!


Artikel Lainnya

Jika ingin lebih tahu informasi tentang batuk dan flu, kamu bisa membacanya di sini